Berapa rukun sholat para santriy serius nanya?

 

Berapa rukun sholat para santriy serius nanya?


Nih jawabannya...


5 rukun qauli yaitu : Takbiratul ihram, membaca al-Fatihah, tasyahud akhir, shalawat dalam tasyahud akhir, salam pertama.


8 rukun fi'li adalah : Niat, berdiri ketika mampu, rukuk, I'tidal, sujud pertama dan kedua, duduk diantara dua sujud, duduk tasyahud akhir dan tertib.


Didalam kitab Fathul Qorib yang Mimin praktekkan dalam sholat


Yang wajib dilakukan saat shalat, baik salat wajib atau sunnah, ada 18 (delapan belas). Dalam istilah fiqih, perkara yang wajib dilakukan itu disebut rukun atau fardhu. Ke-18 rukun ini menjadi syarat keabsahan solat sehingga apabila ada salah satu yang tertinggal secara sengaja maka sholatnya tidak sah dan wajib diulang (untuk solat fardhu).


Rukun-rukun (fardhu) shalat ada 18 (delapan belas). Berdiri apabila kuasa, takbirotul ihram, membaca al-fatihah dengan basmalah-nya, ruku', tumakninah dalam ruku', bangun dari ruku', i'tidal (berdiri setelah ruku'), tuma'ninah saat i'tidal, sujud, dan tuma'ninah saat sujud, duduk di antara dua sujud dan tuma'ninah, duduk terakhir, dan tasyahud (tahiyat) saat duduk terakhir, membaca shalawat pada Nabi saat tahiyat akhir, salam pertama, niat keluar dari shalat, tertib sesusai urutan rukun di atas .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keteladanan Kiai Maimoen Tentang Amplop Bisyaroh

"Ijazah dari KH Maimoen Zubair Agar Memperoleh Rezeki Yang Banyak dan Berkah"

15 MACAM QAUL DALAM FIQIH